Rabu, 21 Juli 2010

AL-QURAN DAN HADIS SEBAGAI PEDOMAN HIDUP
1. Pengertian Al-Quran
Al-Quran berasal dari bahasa Arab, yaitu قرأ – يقرأ – قرآ نا yang berarti bacaan. Sedangkan menurut istilah Al-Quran adalah kalam Allah SWT yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad saw melalui malaikat Jibril dengan lafal dan maknanya. Hal ini sesuai dengan ayat berikut :
وَإِنَّهُ لَتَنْزِيلُ رَبِّ الْعَالَمِينَ (١٩٢)نَزَلَ بِهِ الرُّوحُ الأمِينُ (١٩٣)
192. dan Sesungguhnya Al Quran ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam ; 193. Dia dibawa turun oleh Ar-Ruh Al-Amin (Jibril).
2. Pengertian Hadis
Kata hadis berasal dari bahasa Arab الحد يث yang berarti baru, muda, cerita, berita dan riwayat dari Nabi Muhammad saw. Sedangkan hadis menurut istilah adalah segala perkataan, perbuatan dan takrir Nabi Muhammad saw yang berkaitan dengan hukum.
3. Fungsi Al-Quran
 Sebagai petunjuk bagi manusia agar hidupnya berada di jalan Allah swt. (Q.S. 2 : 185)
 Merupakan nikmat bagi orang-orang beriman
 Sebagai kabar gembira bagi orang-orang yang berimankarena Allah swt menjanjikan balasan keimanannya dengan nikmat di surga.
 Sebagai peringatan bagi orang-orang yang kafir karena Allah swt menjanjikan balasan kekafirannya dengan kesengsaraan di neraka.
 Sebagai pendidikan moral yang sempurna karena di dalamnya terdapat kisah-kisah umat terdahulu yang dapat dijadikan pelajaran dalam memilih jalan kehidupan.
4. Fungsi hadis
 Mengukuhkan hukum-hukum yang telah disebutkan dalam Al-Quran. Misalnya Q.S 3 : 102 dikukuhkan dengan HR at Tirmizi dari Abu Zar No. 1910.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلا تَمُوتُنَّ إِلا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ (١٠٢)

102. Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam Keadaan beragama Islam.

اِتَّقِ الّلهَ حَيْثُماَ كُنْتَ وَاَتْبِعِ السّيّاَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهاَ وَ خاَ لِقِ الناَّ سَ بِخُلُقٍ حَسَن

Bertaqwalah kepada Allah di manapun kalian berada. Ikutilah perbuatan buruk dengan perbuatan baik, niscaya (kebaikan itu) akan menghapus (keburukan)-nya. Pergaulilah manusia dengan yang baik.

 Menafsirkan ayat-ayat Quran yang bersifat mujmal (global). Contoh QS. 22 : 78.
فَأَقِيمُوا الصَّلاةَ  …
… Maka dirikanlah shalat …

Dijelaskan dengan hadis Nabi صَلُّوا كَماَ رَاَيْتُمُوْ نِي اُصَلّي

Shalatlah kalian sebagaimana kalian melihatku shalat (HR. Bukhari dari Malik No. 595)
 Membatasi keumuman Al-Quran. Contoh perintah shalat jumat dalam surah al-Jumu’ah ayat 9 mengenai kewajiban shalat jumat dijelaskan dengan HR.Abu Dawud dari Tariq bin Syibah no. 901, bahwa shalat jumat itu wajib dilaksanakan oleh setiap muslim dengan berjamaah, kecuali empat golongan, hamba sahaya, wanita, anak-anak dan orang sakit.
 Menetapkan hukum yang belum terdapat dalam Al-Quran. Misalnya tentang keharaman binatang buas ditetapkan hukumnya dengan hadis Nabi : اَكْلُ كُلِّ ذِيْ ناَ بٍ مِنَ السِّبَا عِ حَرَامٌ

Maka setiap binatang buas yang bertaring adalah haram (HR.Ibnu Majah dari Abu Hurairah No.3224).
5. Cara-cara memfungsikan Al-Quran dan Hadis dalam kehidupan :
 Menjadikan Al-Quran dan hadis sebagai pedoman dalam kehidupan pribadi.
 Menjadikan Al-Quran dan hadis sebagai pedoman kehidupan keluarga/ rumah tangga.
 Menjadikan Al-Quran dan hadis sebagai pedoman dalam kehidupan bermasyarakat.
 Menjadikan Al-Quran dan hadis sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
 Menjadikan Al-Quran dan hadis sebagai hakim dalam menyelesaikan masalah
6. Menerapkan Al-Quran dan hadis sebagai pedoman hidup umat Islam.
 Dalam kehidupan pribadi ; yaitu dengan mempelajari dan mendalami Al-Quran dan hadis, bergaul dengan orang saleh, memanfaatkan waktu dan memiliki semangat keilmuan untuk kepentingan dunia dan akhirat.
 Dalam kehidupan keluarga ; memupuk semangat dan ketekunan kepada seluruh anggota keluarga dalam menjalankan syariat Islam.
 Dalam kehidupan bermasyarakat ; ikut berperan aktif dalam masyarakat dan rela berkorban demi terwujudnya keharmonisan dalam masyarakat.

2 komentar:

7iu mengatakan...

MANTAP bro

7iu mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.